Salam Numismatik Indonesia.....

Uang kuno merupakan hobby yang sangat terkenal luas hingga ke mancanegara.karena selain untuk dijadikan hoby,uang kuno pun juga bisa dijadikan sebagai investasi ! wow..... ternyata hoby uang kuno harus membutuhkan pengetahuan yang cukup luas agar kita dapat menilai kualitas suatu barang tersebut dan kita pun harus memiliki kemauan yang tinggi agar kita dapat mengenal berbagai kualitas yg ada pada uang.

kali ini saya akan memberikan penjelasan trhadap penilaian kondisi uang kuno/ biasa disebut grading oleh para Numismatika indonesia :

UNC ( uncirculated),yaitu kualitas uang dengan kualitas yang bagus ( sempurna) tanpa ada cacat sdikitpun,sudut pada uang tersebut tajam,kertas dan gambar masih terlihat jelas dan bersih serta permukaan kertas yang masih sangat berkilau.biasanya baru diambil dari gepokan atau dalam bentuk brut.

- AUNC (almost uncirculated),yaitu kondisi uang yang hampir sama dengan UNC tetapi memiliki minus ( kekurangan) yang biasanya terdapat lipatan ( tekukan halus) pada permukaan kertas,atau terdapat lipatan kecil pada sudut kertas tersebut.

- XF ( extremeli fine),yaitu kondisi uang dengan kualitas yang masih baik,tetapi biasanya memiliki minus yakni terdapat beberapa lipatan halus pada permukaan uang kertas atau terdapat lipatan tajam dibagian sudut uang kertas.

- VF ( very fine),yaitu kondisi uang dengan kualitas yang sudah pernah dipakai tetapi kualitas kertas masih crispy hanya terdapat beberapa lipatan,namun kondisi kertas tidak sobek ataupun geripis.

- F ( fine),yaitu kondisi uang yang sudah pernah terpakai dengan beberapa lipatan vertikal ataupun horizontal,akibatnya kertas menjadi lemas dan tidak crispy.

- VG ( very good ),yaitu kondisi uang kertas yang sudah pernah terpakai tetapi permukaan uang masih utuh hanya ada beberapa bagian yang kotor dan terkena noda karat sehingga kondisi kertas tidak lagi tajam ( layu).

- G ( good),yaitu kondisi uang warna pada permukaan sudah memudar,dan ada beberapa bagian yang hilang serta adanya lubang pada uang kertas tersebut.

-Fair,yaitu uang dengan kondisi yang telah rusak dan kondisi kertas layu,dan adanya beberapa bagian dari uang tersebut yang hilang.

- P ( poor),yaitu uang dengan kondisi sobek,warna telah memudar,terdapat bagian yang hilang,dan permukaan kertas yang layu biasanya disertai dengan noda karat dan  memiliki bekas tambalan ( isolasi).

Keterangan diatas merupakan kategori grading uang kertas/penilaian kualitas terhadap uang kertas.semoga bermanfaat bagi para pemula :)

salam
Arjuna Rafi





0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Diane Cooper

New York based interior designer & Lifestyle Guide Editor. Marfa tou leggings viral jack. Flannel flexitarian bespoke moon squid.
So glad you stopped by!

About